Kamis, 27 November 2014

cara berpakaian syar'i

 

10 Tips Berbusana Muslimah yang Syar’i dan Elegan


Busana muslimah bisa tampil sederhana namun tetap cantik!

1. Busana yang dipilih harus memenuhi kriteria menutup aurat. Tentang batas aurat sendiri memang ada perbedaan pendapat. Namun, apa pun pendapat yang dipilih harus disertai oleh ilmu, karena akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT.

2. Tidak ketat dan transparan. Jika bahan yang digunakan tipis atau ketat harus ada baju dalam atau lainnya yang bisa menghilangkan kesan ketat dan transparan tersebut.

3. Memperhatikan kebersihan, kerapihan, keindahan, keserasian, dan kepantasan, sebagaimana dicontohkan oleh pola berpakaian Nabi SAW dalam kesehariannya.

4. Memperhatikan aspek kesehatan dan kenyamanan disesuaikan dengan cuaca, iklim, dan kondisi geografis.

5. Pilihan gaya busana dan cara berpakaian harus bisa menjaga kehormatan, harga diri, dan simbol-simbol jati diri sebagai seorang muslim; semisal berpakaian yang elegan, sopan, tidak berlebih-lebihan, tidak menyerupai pakaian lawan jenis atau pakaian-pakaian kaum hedonis, serta tidak dimaksudkan untuk menonjolkan daya tarik seksual.

6. Disunahkan berpakaian sederhana tapi tidak merendahkan harga diri, dan tidak berpakaian mewah meskipun mampu.

7. Boleh menampakkan aksesori yang lazim tampak: seperti cincin, gelang dan bros.

8. Boleh merias wajah, tangan, kuku atau lainnya, juga mengenakan wangi-wangian, dengan syarat tidak berlebihan, bahan yang digunakan suci, dan bisa tertembus air wudhu.

9. Boleh mengenakan pakaian adat atau dress code tertentu asalkan memenuhi syarat-syarat di atas.

Berbusana sebagai wujud rasa syukur atas anugerah-Nya, diniatkan ibadah secara tulus demi mendapatkan keridhaan Allah SWT, tidak untuk pamer, sombong atau karena motivasi kebohongan, baik membohongi diri sendiri atau orang lain, dan seterusnya.

…..Allahu’alam…..

(Sumber: Majalah Noor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar